PINTONG: Museum Nasional ( Museum Gajah )

Hasil gambar untuk sahabat museumPINTONG singkatan dari Pindah Tongkrongan. Merupakan program santai dari Sahabat Museum, bisa kemana aja, tak harus ke tempat bersejarah. Biasanya diadakan secara mendadak, suka-suka aja kapan mau digelar, bisa pas mau nonton film bareng di bioskop ato cuma pengen makan enak.

pokoknya kemana aja deh, ..terserah pemirsa

Nah, di bulan Agustus ini, kebetulan nih pas Pak Dwi Cahyono lagi di Jakarta, mari kita gelar acara koelilingin Museum Nasional (Museum Gajah), Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat.

 

PINTONG: Museum Nasional
Sabtu, 5 Agustus 2017 (besok lho…) mulai jam 08.30 pagi.
Kumpulnya langsung di Museum Gajah, di bagian depannya, pas di pintu masuk, di sebelah kiri loket masuk museum ya.

oh iya kita mulai keliling jam 9 teng dan diperkirakan kelar jam setengah satu kali yah, eiiits jangan lupa yah, makan yg banyak terlebih dahulu sebelom ikutan Pintong ini, biar nanti gak kelaperan di dalem, dan bisa menikmati museum.

Seperti yg disiarkan kemarin, bulan Agustus ini akan digeber habis ttg Tarumanegara. Ada 2 batu prasasti peninggalan jaman kejayaan Tarumanegara yg terdapat di dalam Museum Nasional. Prasasti Tugu (asli) dan Prasasti Ciaruteun (replika). Mau asli, mau duplikat, namun penjelasan daripada Pak Dwi ini, nistjaja bakal bikin Toean dan Njonja kesengsem dan nempel terus dan enggan jauh-jauh dari Pak Dwi maupun speaker portable (lho?) Tidak hanya 2 batu peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang diceritakan tapi juga sejumlah prasasti-prasasti lainnya, seperti: Prasasti Mulawarmman, asal Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti Klurak, asal Desa Klurak, Prambanan, Yogyakarta. Prasasti Kalasan, dari Kalasan, Yogyakarta, Prasasti Siwagrha, asal Jawa Tengah. Tidakluput koleksi-koleksi lainnya di Museum Nasional akan dibahas tuntas, sampe museum tutup pun dijabanin. Koleksi peninggalan djaman Hindu-Buddha, ini-itu, kesana-kemari.
Belum lagi cerita di balik perhiasan EMAS, yang terletak di lantai atas (moehoen ma’af, tida bole pake toestel, en maen djepret foto dalam ruangan ini, awas yah, verboden).

SAHABAT MUSEUM menggelar “Pekan Tarumanegara” di bulan Agustus 2017
5 Agustus 2017: Pintong (Pindah Tongkrongan) ke Museum Nasional, Jakarta Pusat.
6 Agustus 2017: PLESIRAN TEMPO DOELOE: Prasasti Taroemanegara Tepi Soengai.
12 Agustus 2017: Pintong (Pindah Tongkrongan) ke Kampung Tugu, Jakarta Utara.
13 Agustus 2017: PLESIRAN TEMPO DOELOE: Sitoes Batoedjaja di Tengah Sawah.

Datanglah, Zonder Betalen, alias GHHHRRAAATTTTIIIIISS

Museum Nasional pun tida dipoengoet bajaran selama bulan Kemerdekaan Agustus ini. Ayo, ayo datang!

Yuk kalo mau ikutan, segera daftar ke email: adep@cbn.net.id
(adep at cbn dot net dot id) lekas, daftarken sigra, just do it!

Memoedjiken dengen hormat,

Fathul Rahman
WA 0838 999 45321

 

Susunan Acara: Pintong di Museum Nasional

Sabtu, 5 Agustus 2017
08.30 – 09.00: Kumpul di depan Museum Nasional.
09.00 – 12.30: Penjelasan koleksi Tarumanegara, dan koleksi2 lainnya di Gedung B.
12.30 – 13.00: Acara selesai (atau extended? :p)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s